RSS

Guru Yang Baik Itu…

17 Jul
  1. Guru yang baik itu selalu memberi perhatian pada para peserta didik selama proses pembelajaran, dan secara aktif mau melibatkan dirinya dalam proses diskusi.
  2. Seorang guru yang profesional mampu menetapkan sasaran hasil dari proses belajar yang ingin dicapai secara jelas dan berusaha secara sungguh-sungguh untuk mencapai sasaran yang telah ditentukan tersebut.
  3. Seorang guru yang hebat itu mempunyai ketrampilan disiplin yang efektif dan dapat mempromosikan sikap positif dan perubahan di kelas.
  4. Seorang guru yang berhasil itu mempunyai ketrampilan manajemen kelas yang baik dan dapat memastikan perilaku siswa yang baik, studi efektif dan kebiasaan pekerjaan, dan suatu keseluruhan pengertian menghormati kelas [itu].
  5. Seorang guru mampu membangun dan menjaga komunikasi transparan dengan orang tua, dan secara terbuka memberitahukan tentang hal-hal yang berlangsung di kelas dan berbagai macam kebutuhan yang diperlukan dalam proses pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum, perihal disiplin, maupun isu-isu pokok yang lain. Ia juga selalu menyediakan cukup waktu bagi para orang tua untuk saling mendukung demi keberhasilan pembelajaran si anak didik, mengadakan pertemuan-pertemuan maupun menyediakan akses untuk panggilan telepon maupun via email.
  6. Seorang guru yang baik selalu mempunyai harapan  yang tinggi terhadap para peserta didik dan mendorong semua siswa untuk selalu berusaha melakukan yang terbaik demi keberhasilan dan perkembangan para peserta didik.
  7. Seorang guru yang baik itu sungguh-sungguh memiliki pengetahuan yang cukup dan memahami kurikulum sekolah serta standar lain yang harus menjadi pegangan bagi mereka dalam proses pembelajaran di kelas. Ia mampu memastikan bahwa pengajarannya mengarah dan mampu mencapai tujuan pembelajaran yang hendak dicapai sesuai dengan perencanaan pembelajaran yang telah dibuatnya.
  8. Seorang guru baik itu memiliki pengetahuan yang cukup memadahi, bahkan boleh dikatakan ia sungguh-sungguh menguasai materi yang diajarkannya. Ia tidak akan tega menyuapkan “makanan basi” kepada anak-anaknya. Ia pun siap menjawab setiap pertanyaan berkaitan dengan materi pengajarannya dan tetap mampu menjaga sikapnya untuk selalu menarik dan menyenangkan bagi para peserta didik.
  9. Seorang guru baik itu selalu antusias dalam pengajaran dan sanggup bekerjasama dengan peserta didik. Hatinya dipenuhi oleh kasih dalam pengajaran dan bekerjasama dengan anak-anak. Ia menyadari bahwa sikapnya itu sangat berpengaruh terhadap para peserta didik.
  10. Seorang guru hebat itu mampu membangun dan mengembangkan suatu hubungan yang kuat dengan para peserta didik dan menjalin hubungan saling percaya dengan para peserta didik.

 

Pada Akhirnya, Guru yang baik itu dalam segala ketulusannya bak awan yang menurunkan air hujan untuk menyirami bumi supaya dapat menumbuhkan pepohonan demi menghidupi para penghuninya tanpa berharap air itu akan kembali lagi kepadanya. Ia juga layaknya matahari yang terus bersinar untuk menerangi alam raya, meskipun kadang terhalang oleh sang awan ia tetap setia berjaga. Guru memang bukan awan ataupun matahari, namun setidaknya ia masih punya hati dan cinta untuk dipersembahkan bagi banyak orang.

Iklan
 
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: